Follow us on:
Home News Primary Pelatihan Teknik Pewarnaan Tie Dye untuk Siswa Kelas 2
Pelatihan Teknik Pewarnaan Tie Dye untuk Siswa Kelas 2

Jumat lalu, tanggal 19 Januari 2018, siswa kelas 2 kedatangan tamu istimewa, beberapa orang tua siswa, yaitu Ibu Raydanni Diliana, Ibu Dewi Sumantri, dan Ibu Indah Loebis yang mengajarkan teknik pewarnaan tie dye. Teknik pewarnaan ini cukup mudah dilakukan, sehingga menjadi aktivitas yang menarik untuk anak-anak. Mereka dapat bereksplorasi dalam memilih warna yang diinginkan.

Pada kesempatan ini, siswa menggunakan kaus putih polos sebagai media. Sebelum diwarnai, kaus putih direndam selama kurang lebih lima menit dalam cairan fixative, agar warna dapat tampak lebih cemerlang nantinya. Setalah direndam, kaus dilipat-dilipat sesuai keinginan, sehingga motif yang dihasilkan dapat bervariasi. Setelah dilipat, kaus siap diberi berbagai warna. Terakhir, kaus yang telah diwarnai diikat dengan karet gelang dan tunggulah sekitar 24-48 jam, untuk melepas ikatan.

Ibu Raydanni Diliana, penggagas pelatihan ini menyampaikan bahwa kegiatan pewarnaan tie dye dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian ingin berbagi, dalam rangka ulang tahun putranya. Pihak Sekolah Pilar Indonesia menyambut baik kegiatan ini, karena siswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru, dengan cara berbagi yang sangat positif. Siswa kelas 11 pun ikut bergabung dalam kegiatan ini, karena beberapa minggu sebelumnya mereka telah mempelajari teknik pewarnaan tie dye, dan ingin mempelajari lebih jauh tentang materi yang telah dipelajari.

Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Ibu Raydanni Diliana, Ibu Dewi Sumantri, dan Ibu Indah Loebis dalam pelatihan ini. Siswa sangat antusias mencoba dan menikmati proses pembelajaran ini. Semoga lain waktu kami dapat mencoba kembali teknik ini.

 

pic-01
Prev  Set 1/6  Next
pic-01
pic-02
pic-03
pic-04
pic-05
 
Friendship Schools

Link to Le Fevre Web

Link to KICE Web link to Telopea Web Link to Forrest Primary Web